Senin, 20 September 2010

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH MERAH (Pandanus conoideus) TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGIS JANTUNG KELINCI LOKAL (Oryctolagus cuniculus) BETINA (YANG

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH MERAH (Pandanus conoideus) TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGIS JANTUNG KELINCI LOKAL (Oryctolagus cuniculus) BETINA (YANG DIBERI PAKAN KUBIS (Brassica oleracea L.var. capitata L.)

Oleh
Julvina Kusumastuti
05/190103/KH/05607

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh pemberian ekstrak buah merah (Pandanus Conoideus) terhadap gambaran histopatologis jantung kelinci lokal (Oryctolagus Cuniculus) betina yang diberi pakan kubis ad libitum selama 30 hari. Lima belas ekor kelinci betina dibagi secara acak menjadi tiga kelompok, masing-masing kelompok lima ekor kelinci. Kelompok 1 (K1) yang merupakan kelompok kontrol negatif diberi pakan berupa ubi dan kangkung setiap hari, K2 merupakan kelompok kontrol positif yang diberi pakan berupa ubi dan kubis secara ad libitum setiap hari sedangkan K3 merupakan kelompok perlakuan yang diberi pakan berupa ubi dan kubis secara ad libitum setiap hari dan diberi buah merah dengan dosis 1 ml/ekor/hari. Pada akhir penelitian (hari ke-30) semua kelinci dieuthanasi kemudian dinekropsi untuk mengambil sampel jantung dari masing-masing kelompok, selanjutnya dibuat preparat histologis. Preparat histopatologi diamati dibawah mikroskop cahaya. Hasil pemeriksaan histopatologik dianalisis secara deskriptif dengan melihat adanya perbedaan histopatologis jantung dari kelompok yang mendapat perlakuan dengan kelompok kontrol. Hasil pemeriksaan histopatologi organ jantung dari kelompok kontrol (K1) tidak ditemukan adanya perubahan, sedangkan pada kelompok 2 yang diberi pakan berupa ubi dan kubis secara ad libitum memperlihatkan adanya perubahan histopatologik berupa hialinisasi, kalsifikasi, nekrosis, infiltrasi makrofag, vakuolisasi dan pembengkakan. Pada kelinci kelompok 3 hanya ditemukan infiltrasi sel radang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak buah merah 1 ml per oral pada kelinci K 3 mampu mencegah terjadinya kardiomiopati pada jantung kelinci betina yang diberi pakan kubis ad libitum yang mengandung senyawa goitrogenik.


Kata kunci : buah merah, jantung, kardiomiopati, kubis, kelinci.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar