Senin, 20 September 2010

KAMPOENG RAMADHAN AMT

KAMPOENG RAMADHAN AMT )Angkatan Muda At-Taqwa)
(Satukan Tekad, Bulatkan Niat, Ramadhan Hebat, Kita Semangat)

Kegiatan Ramadhan yang dipelopori oleh AMT (Angkatan Muda At-Taqwa) sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan tiba. Tema yang diusung kali ini adalah “Satukan Tekad, Bulatkan Niat, Ramadhan Hebat, Kita Semangat”. Rangkaian kegiatan Ramadhan akan dilaksanakan dari hari pertama puasa hingga hari-H lebaran. Kegiatan Ramadhan tahun ini pun akan dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya saja ada beberapa kegiatan baru yang berbeda dan belum pernah terlaksana. Inovasi kegiatan yang dilakukan bertujuan supaya semangat Ramadhan tidak hanya dirasakan di dalam masjid saja, namun juga bergaung dan dirasakan di kampung-kampung se-Piyungan pada umumnya dan khususnya di Kampung Payak.

“Kampoeng Ramadhan” merupakan salah satu agenda baru untuk Ramadhan kali ini. Kegiatan ini terinspirasi dari kegiatan “Pekan Ukhuwah AMT” beberapa tahun yang lalu. Suatu kegiatan yang mengoptimalkan potensi ukhuwah dan jiwa wirausaha, yang dilaksanakan selama 25 hari dengan pendirian stand-stand dikompleks Masjid At-Taqwa di jalan Wonosari km.12,5 yang menjajakan aneka makanan dan minuman berbuka dan juga barang-barang lainnya sehingga masyarakat sekitar tak perlu lagi repot-repot mencari makanan berbuka, karena di stand Kampoeng Ramadhan, kita dapat memilih menu yang kita sukai.

Tujuan lainnya adanya Kampung Ramadhan AMT ini diharapkan mampu memunculkan jiwa wirausaha pemuda karang taruna di desa Payak, karena akan disediakan stand khusus bagi lima karang taruna di Payak. Selain itu diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga kampung, terutama yang berjualan makanan, tetap dapat berjalan karena meskipun pada siang harinya mereka tidak dapat berjualan makanan, namun pada sore hari menjelang buka puasa mereka dapat tetap berjualan dan memperoleh pemasukan.

Selagi asyik memilih makanan, para pengunjung juga dapat melihat hiburan di “Panggung Ramadhan AMT” yang merupakan ajang kreatifitas yang dituangkan dalam bentuk hiburan seperti nasyid-nasyid islami, kisah-kisah penuh hikmah, penampilan anak-anak TPA, bedah buku dll.

Bagi para musafir atau pengendara kendaraan yang kebetulan melintas di jalan Wonosari dapat singgah untuk menikmati lezatnya berbuka, karena setiap hari akan dihidangkan takjil gratis dan pada hari Sabtu akan dibagikan “1000 bungkus buka puasa” bagi para pengendara yang melintas di jalan Wonosari. Selain itu, buka bersama untuk anak-anak TPA akan dilaksanakan setiap hari Senin – Jumat, untuk hari Sabtu diadakan buka bersama bagi Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu, sedangkan hari Ahad khusus untuk para pemuda. Buka bersama pun akan dilaksanakan untuk anak-anak yatim dan akan dibagikan bingkisan lebaran bagi mereka,

Kegiatan rutin yang merupakan salah satu kegiatan penting yaitu lomba “TPA se-Kecamatan Piyungan” yang sudah dilaksanakan 19 kali. Lomba ini diikuti oleh kurang lebih 30 TPA se-Piyungan dengan jumlah peserta sekitar 400 orang. Lomba ini dilaksanakan tanggal 29 Agustus 2010 dengan 10 jenis lomba yaitu lomba Tartil Al-Qur’an, lomba Cerdas Cermat Agama ( CCA ), lomba Hafalan Juz ‘ama, lomba Ikrar dan Puitisasi Al-Qur’an, lomba Peragaan Shalat, lomba Da’i cilik, lomba Adzan & Iqomah, lomba Kaligrafi, lomba Mewarnai dan lomba nasyid. Lomba ini akan memperebutkan piala bergilir yang sudah tiga kali berturut-turut dimenangkan oleh TPA At-Taqwa dan memberikan uang pembinaan untuk juara umum I, II, dan III.
Dengan serangkaian kegiatan Kampung Ramadhan AMT ini paling tidak telah membuktikan diri dalam rangka turut memeriahkan dan menyebarkan semangat Ramadhan, tidak hanya di masjid, tapi juga pada para warga kampung, dan juga pada anak-anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar